Apresiasi Positif Melahirkan Loyalitas

Berhati-hatilah bila punya staff, bawahan, anak buah, teman, siswa yang kalau kita lupa memberi apresiasi atas apa saja masukan yang mereka lakukan. Karena kemungkinan besar akan berakibat fatal. Ada dua film yang bisa menjadi referensi betapa pentingnya apa yang disebut dengan apresiasi.

Film pertama adalah Spider-Man: Far From Home. Dikisahkan para anak buah dari Stark Industries yang hasil pemikirannya tidak mendapat apresiasi. Justru karena pemikiran itu, mereka malah dikeluarkan dari perusahaan. Selanjutnya mereka berkumpul jadi satu oleh satu rasa yakni dendam kesumat. Yang pada akhirnya membawa kepada masalah berat. Semua itu terjadi gara-gara tidak ada apresiasi.

 

 

Coba kalau setiap kritikan dan masukan dari anak buah cukup dengan diapresiasi dengan kata: bagus sekali, sip, mantap atau apalah kata sejenisnya, dilanjutkan kalimat sebaik mungkin, misalnya, ‘Yak, untuk sementara usulmu ditampung dulu ya, kami dari para dewan direksi akan menguji efek dan akibat dari usulmu itu. Kalau ada perkembangan akan kami kabari.’ Kalau sudah seperti itu setidaknya yang memberi masukan akan merasa dihargai.

Film kedua, Men In Black: International. Film yang ini kebalikan dari Spider-Man: Far From Home. Diceritakan kalau Agen M sedang menginvestigasi kerusakan yang diakibatkan oleh alien nakal. Ia dan Agen H mendatangi bengkel pandai besi yang ternyata ada satu makhluk alien kecil yang masih hidup akibat serangan dua alien listrik. Alien kecil itu sudah kehilangan teman-teman tentara dan kehilangan pemimpin juga akibat serangan itu. Singkat cerita, Si alien kecil menjadi anak buah Agen M. Meskipun cerewet, banyak usul dan menyebalkan, tetapi agen M memberi respon positif apapun yang dilakukan alien kecil yang diberi nama Pawny tersebut sehingga tercipta hubungan timbal-balik yang intens antar keduanya. Pawny juga menjadi anak buah yang loyal dan setia.

 

 

Memang mengelola anak buah itu susah-susah gampang. Cukup dengan apresiasi, yang tdk berlebihan, bisa membantu mengelola itu semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s