Arti Penting Dokumentasi

Dokumentasi bisa juga berarti mencatat. yakni mencatat suatu peristiwa, ilmu dengan buku, kertas dan ditulis. Atau dokumentasi juga bisa dengan gambar, bisa melalui foto dan video.

Kenapa dokumentasi itu penting bagi saya?

10. Mengisi buku catatan
Dokumentasi adalah sekedar mengisi buku catatan yang putih bersih agar berwarna dan menarik, setidaknya membuat hidup yang biasanya biasa-biasa saja kemudian menjadi menarik jika dapat tertulis sempurna di blog atau catatan.

9. Mengisi waktu
Apalagi tepat menunggu buka puasa, mendokumentasikan kegiatan satu hari ini akan banyak menguras waktu hingga adzan maghrib menjelang.

8. Rekam
Dokumentasi adalah sistem perekam untuk mencegah hal-hal buruk agar tidak terulang, untuk menciptakan hal-hal baik agar dapat terulang.

7. Mengikat ilmu
Ilmu dan pengalaman ibarat binatang buruan. Jika setelah ditangkap tidak diikat, maka larilah ilmu itu. Tali ikatan itu adalah do and the ku and the men and the ta and the si… dokumentasi…. lebai ah

6. Nostalgia
Dengan melihat lagi catatan yang telah tercatat, dokumentasi yang telah terdokumentasikan, maka alam bawah sadar akan kembali ke jaman atau era atau saat catatan itu tercipta. Itulah yang disebut nostalgia. Pasti selalu bahagia, meski itu adalah pengalaman pahit sekalipun. Pasti ketika dibaca lagi, bibir dengan secara otomatis menarik ujung kiri dan kanannya ke belakang. Seimbang maksimal. Senyum dan bahagia.

5. Album
Tak ubahnya seperti album yang menyimpan pengalaman.

4. Perpustakaan
Kita harus bangga bila sudah mendokumentasikan sesuatu, karena dengan itu kita sudah bisa membuat perpustakaan pribadi. Perpustakaan itu nantinya bisa menjadi sumber ilmu bukan cuma bagi diri sendiri, melainkan juga orang lain.

3. Menunjukkan ke Orang lain
Itu tadi sudah terjawab. Apalagi bila mendokumentasikannya melalui blog. Bukan cuma kita yang beruntung, tetapi orang lain yang mengakses blog catatan kita juga terbantu masalahnya bila mempunyai masalah yang sama.

2. Menuangkan isi kepala
Seperti Dumbledore, kepala sekolahnya Harry Potter. Ketika isi kepalanya sudah penuh, daripada tidak muat lagi, semua ilmu-ilmu yang tersimpan di otak dituangkan, sehingga otak kembali kosong, siap diisi ilmu lagi.

1. Karena Saya Pelupa parah
Yang terutama kenapa dokumentasi bagi saya penting adalah karena saya pelupa parah. Perlu ada catatan, dokumentasi agar semuanya teringat kembali.

Demikian kenapa dokumentasi itu penting. Semoga bermanfaat. Salam super.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s