Belum Bijak

Bagaimana pendapatmu tentang pencuri? Tentang pencuri yang ternyata mencurinya bukan karena terhimpit ekonomi, tetapi karena cacat psikologinya ?kita mengenalnya dengan istilah klepto. Ada tetangga yang seperti itu. Berkali-kali masuk penjara. 1 bulan, 3 bulan tidak jera. Beberapa waktu yang lalu ia terpergok mencuri dan sudah babak belur dipukuli, padahal dulu juga pernah seperti itu. Kenapa masih bisa ia mengulanginya? Sepertinya kecanduan yang sulit dihentikan. Bagai nikotin bagi perokok, seperti alkohol bagi pemabuk. Jika seperti itu yang terjadi bisakah kau bersimpati terhadap cacat mentalnya?

Terus ada lagi cacat mental yang tampaknya bagus. Cacat psikologis berupa keinginan atau obsesi keadaan harus rapi dan bersih. Saya taunya dari film kartum Boboiboy. Di film itu diceritakan adegan pada saat tokoh bapak-bapak super hero masuk ke sebuah game yang mana level terakhir ternyata menghadapi istrinya sendiri. Istrinya itu mengidap kelainan psikologis berupa OCD alias Obsessive Compulsive Disorder. Istrinya jika sudah marah karena suasana rumah kotor, akan menjadi monster t-rex merah jambu yang akan membersihkan semua hal dan menata apa saja hingga simetris, teratur dan rapi dilihat.

Ada dua hal kelainan yang bertolak belakang. Bagaimana kau menyikapinya? Bagaimana jika cacat psikologis ini menimpa kita?

Baik, untuk sementara saya yang masih bodoh dan belum bijak ini mengambil kesimpulan bahwa kegiatan kriminal karena sebab apapun, sebab himpitan ekonomi maupun cacat psikologisnya tetap tidak bisa dibenarkan.

sedangkan perbuatan baik, jika menjadi obsesi, tetap baik selama pelakunya sudah lulus materi : skala prioritas.

Sekian.

***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s