Telkomsel Poin

Dear Pembaca, dear penonton yang ada di studio dan yang ada di rumah,
pagi tadi saya buka inbox hape Cross kesayangan buat menghapus sms-sms lama, ada 3 sms yang berisi pengumuman pemenang undian. Seperti biasa, sewaktu menerima awal sms seperti ini, saya biarkan saja. Tapi kali ini saya baca dengan seksama dan dalam tempo yang lama, pengirimnya +6282197202371

telkomselpoin4

isinya:

SLMT!_No Anda m-dapat 1-unit Mobill all New AVANZA,dr.TELKOMSELpoin pin-pemenan anda b89c7h9)U/info lebih Lengkap kunjungi:www.tsel-poin-777.juplo.com

Setelah itu saya kunjungi itu alamat: http://www.tsel-poin-777.juplo.com. Heran juga karena biasanya alamat web seperti ini kalau sudah lama, akan habis atau terblokir. Tapi saya buka hari ini masih ada. Saya masuk.

telkomselpoin1

Sungguh sangat meyakinkan isinya, tapi ada beberapa hal yang menjadi kritikan, antara lain:

pertama
Saya curiga karena saya hampir tidak punya poin di kartu Telkomsel saya. Kenapa? Penghitungan poin adalah dari banyaknya menit bicara dan banyaknya sms, padahal saya amat sangat jarang bersosialisasi pakai hape. Sebagai orang yang pendiam, saya amat jarang nge-bel orang, maka dari itu saya sengaja pilih Kartu AS (sekalian promosi :)). Meski tarif bicara dan sms Kartu AS termasuk kalah dibanding operator lain, tapi Kartu AS punya kelebihan yaitu selalu ON alias masa aktif dan masa tenggangnya paling puuannjaaaaangg. Jadi cocok buat para pendiam seperti saya yang punya prinsip: yang penting punya hape dan bisa dihubungi. Karena itu saya sudah curiga terlebih dahulu, poin saya yang sedikit sangat mustahil kalau dapat undian mungkin dengan perbandingan 1:sejuta milyar.
kritikan buat penipu: harap lebih selektif lagi memilih korban, cari lebih detail lagi korban yang poinnya paling banyak.

kedua
Cara menghubungi korban adalah hanya melalui sms dengan berisi panduan-panduan tata-cara pengambilan hadiah.
kritikan: memang cara untuk menghubungi pemenang, eh, korban maksud kami, lebih aman lewat sms. Selain lebih murah, juga lebih tidak keluar tenaga ekstra kalau nanti dapat pertanyaan-pertanyaan dari calon korban. Tapi supaya lebih meyakinkan ya lewat telepon saja, lebih kelihatan profesional.

ketiga
Alamat webnya yang tampak gratisan, ada embel-embel .juplo.com. Tampak sekilas kalau abal-abal. Saya juga sering salah ketik ketika memasukkan alamat ini. Mengenai juplo, saya tidak tahu apakah berbayar atau tidak karena belum pernah menggunakan.
kritikan: Kalau bisa ya beli domainlah, keluar modal banyak tidak apa-apa.

keempat
Kalau melihat tampilan webnya sebenarnya cukup bagus dan lengkap. Sekarang coba perhatikan, ada beberapa hal yang kurang rapi. Pada widget testimonial ada ketidak-seragaman penggunaan ukuran font antara pemenang di atas dengan pemenang di bawahnya.

telkomselpoin2

kritikan: harap lebih teliti lagi memilih ukuran font. Biar matching saja, enak dilihat.

kelima
Foto-foto yang digunakan. Inilah kesalahan yang paling fatal. Bagi saya yang bodoh dan gaptek ini, biasanya cari gambar yang saling berkaitan adalah dengan meng-klik kanan gambarnya terus copas ke Google. Sekarang coba perhatikan foto satu pemenang,

telkomselpoin6

Nama ibu tersebut adalah: Rosmayani. Tetapi ketika foto tersebut diklik kanan (browser yang saya gunakan adalah Opera, jadi keluar nama filenya) namanya adalah Rosmiyani. Perbedaan memang cuma sedikit, a dan i saja, tapi masalah nama bagi sebagian orang adalah krusial.

Yang lebih fatal lagi adalah foto direktur utama PT. Telkomsel, setelah klik kanan yang muncul adalah direktur LP3i Medan.

telkomselpoin5

Pertanyaannya apakah Direktur Telkomsel juga menjabat LP3i? Kemudian saya copas nama gambarnya ke Google, keluar hasil paling atas dari Kaskus.

telkomselpoin3

Dilihat sekilas sepertinya ada hubungan dengan penipuan Indosat. Bagi yang masih kepo, mohon maaf, karena web penipuan Indosat sudah diblokir, jadi penyelidikan sudah stop. Tapi berdasarkan info dari saudara agan-agan tukang cendol Kaskus didapat info kalau foto beliau ini juga digunakan dengan nama yang berbeda, Joko Suyitno. Info lengkap di sini.
kritikan: Sebaiknya mohon jangan gunakan foto yang sudah umum digunakan penipu lain (atau mungkin sama?), kan kasihan beliau yang ada difoto. Lebih baik lagi untuk rajin-rajin browsing ke Tumbrl, Instagram atau Facebook buat hunting foto orang-orang yang sedang narsis di depan meja kerjanya. Tapi jangan gunakan orang yang gayanya lebay, pilih yang gayanya anggun, tegap, berwibawa, berkharisma. Kalau mau pakai foto yang sama ya boleh saja, tapi di-rename dahulu, atau fotonya dimake-up pakai sotosop atau gimp, paint atau crayon atau yang lain.

Baik, demikian saja komentar dari saya selaku juri penilai, kalau ada juri lain mau menambahkan sumonggo dipersilakan…

***

Iklan

6 pemikiran pada “Telkomsel Poin

  1. jiah ini malah ngomentari si penipu,,,,,
    serasa kayak pencarian bakat dech jadinya…. 😀

  2. ah elah…
    masih pake hosting gratisan…
    analisanya mantap, lik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s