Pujian

reflection

Pujian adalah sebuah bentuk reaksi komentar yang memberikan nilai positif. Tapi sangat sulit untuk menilai apakah pujian yang dilontarkan orang lain itu bersifat tulus atau sekedar basa-basi. Misalkan juga ketika sudah mengunjungi sebuah postingan di blog, setelah sudah tuntas membaca postingannya, di halaman bawah ada kolom komentar biasanya berisi: thanks, sangat inspiratif sekali, kreatif, romantis. Apakah pujian yang ada itu tulus atau basa-basi? Tidak jarang juga beberapa sahabat yang menerima cacian karena postingannya menyinggung batas-batas tertentu. Nah, kalau cacian, pasti tulus karena muncul dari lubuk sanubari yang terdalam, terus kalau pujian?

Memang tidak salah, kalau pujian adalah untuk membuat orang lain bahagia. Tidak salah juga ketika pujian dimaksudkan untuk melecutkan semangat anak-anak yang sedang berkarya supaya bisa berkarya lebih bagus lagi.

Memang tidak salahnya juga memuji dengan basa-basi karena itu adalah budaya kita, budaya berteman, menjalin komunikasi, bersahabat antar manusia dengan harapan pertemanan ini akan langgeng, saling mengunjungi, saling berbagi.

Bagaimana perasaanmu kalau mendapat pujian?

***
Ilustrasi: 9gag.com

Iklan

8 pemikiran pada “Pujian

  1. kalau aku sih senang ya, tapi untuk mengimbanginya kita mesti juga ingin dikritik juga lhoh bahkan sampai dicaci sebab dengan dua hal itu kita akan tahu kemampuan kita. dan ingat ciri orang yang ikhlas itu adalah tetap sama baik dipuji ataupun dicaci

  2. fotone apiiik bangeet. ijin ngeprint.

  3. kucinge keren 😛

    aku malah sering malu kl dpt pujian 😳

  4. mensikapi pujian wilayah kita hanya terimakasih saja. sementara tulus atau tidak bukan wilayah kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s