Berulang dan Tak Bosan

8302_460s

Mereka yang sudah tua, pekerjaan mereka adalah bercerita, menasehati yang muda-muda agar menempuh jalan yang benar, agar tidak terperosok seperti mereka dulu. Mereka yang tua tidak bosan-bosan. Sedangkan mereka yang muda, pekerjaan mereka adalah melanggar, melanggar nasehat-nasehat yang diberikan oleh mereka yang tua. Mengapa demikian? Supaya terjadi perulangan dan perulangan. Karena suatu ketika, mereka yang muda-muda akan menjadi tua dan bentuk-bentuk pelanggaran yang mereka lakukan akan dijadikan nasehat kepada generasi baru, generasi yang lebih muda, agar jangan terperosok, seperti mereka.

Bumi dan matahari, apakah bumi yang berputar mengelilingi matahari, ataukah matahari yang mengelilingi bumi? Ini bukan pertanyaan mengenai siapa mengelilingi siapa, tapi ini adalah pertanyaan siapa melayani siapa. Apakah matahari membutuhkan bumi? Tidak tahu, tapi yang pasti matahari-lah yang diciptakan untuk melayani bumi. Maka jawaban dari pertanyaan tadi jelas, matahari-lah yang mengelilingi bumi, melayani bumi, menghangatkan, menumbuhkan benih, menciptakan pagi, siang dan sore serta kalau matahari pergi, maka ia akan meninggalkan jejak hitamnya yang disebut : malam. Begitulah, matahari mengelilingi bumi berulang-ulang, dan tidak bosan-bosan, belum bosan.

Apa jadinya bila mereka yang tua bosan memberi nasehat dan tidak lagi peduli dengan yang muda?
Apa jadinya bila matahari bosan melayani bumi? Dia berhenti atau bahkan mengubah rute jalannya 180 derajat, menjadi dari barat ke timur?

Untung saja, mereka belum bosan.

***

Iklan

8 pemikiran pada “Berulang dan Tak Bosan

  1. semuanya terjadi penuh arti ya Sak. Bahkan yang muda melanggar nasihat yang tua agar tetap suatu saat nanti ada yang masih bisa menasihati.. 🙂

  2. Semoga tidak bosan, seperti kita yang menulis.

  3. kalau dalam pemrograman istilah perulangan disebut “looping” 😀

  4. betul, untung mereka tidak bosan.. kita pun nantinya kalo sudah tua juga begitu.. gantian menasehati yang lebih muda..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s