Talok

Khasiat Talok klik di sini

Depan kos-kosan ada sebuah pohon Talok. Talok, alias Kersen, atau entah kalian menyebutnya apa. Kersen depan kos ini banyak sekali buahnya. Cukup mengherankan, soalnya sekitar kompleks ini banyak anak-anak. Biasanya anak-anak suka buah ini, tapi entah kenapa anak-anak kota jaman sekarang atau setidaknya anak-anak sekitar sini kenapa sudah tidak antusias lagi pada buah Kersen?

Dulu di halaman rumah di kampung juga pernah ada pohon Kersen. Pohonnya agak besar. Banyak anak-anak yang mencari buahnya dan sering juga yang mencarinya sambil dipanjat. Beberapa anak ada yang jatuh, berdarah dan menangis. Bapak sudah berusaha memperingati anak-anak agar jangan dipanjat. Bapak juga sudah memfasilitasi dengan membuat galah khusus, tapi yang namanya anak manusia kalau mendengar kata ‘jangan’ malah seperti diperintah. Akhirnya dengan kemarahan yang amat memuncak, Bapak mengambil kapak dan memotong-putus itu pohon.

Sekarang tumbuh lagi sebuah pohon Kersen di tengah kebun. Saya tahunya setelah mudik. Entah bagaimana bisa tumbuh, tidak ada seorangpun yang merasa menanamnya. Namun Bapak sudah menyiasati, dahan yang tumbuh horizontal tetap dibiarkan tumbuh, sedangkan yang vertikal dipangkas habis. Supaya pohon dengan buah manis ini tidak memakan korban lagi.

Begitulah.

***

Iklan

Satu pemikiran pada “Talok

  1. baru tau kalo kersen namanya talok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s