Saat Aku Mati

saat aku mati,

aku ingin,

aku ingin mereka semua yang mengiringi kematianku,

aku ingin mereka semua menangis,

karena telah kehilangan diriku,

diriku yang bagaikan malaikat penolong bagi mereka

mereka menangis kehilangan diriku

sedangkan aku,

aku tertawa bahagia, karena kerinduanku pada Penciptaku sedemikian memuncak

dan aku tertawa bahagia karena merasa bekal-bekal yang kubawa sebelum mati sangat banyak dan cukup.

ini kebalikan dari ketika aku lahir

ketika lahir, aku menangis

menangis karena harus meninggalkan kolam hangat ketuban ibuku

menangis karena ternyata dunia luar ternyata sangat dingin dan menusuk-nusuk kulit

menangis karena mataku tak mampu menangkap cahaya-cahaya yang bertebaran

menangis karena gendang telingaku di penuh-sesaki oleh suara-suara.

tapi anehnya,

mereka justru tertawa

mereka yang menungguku lahir justru tertawa bahagia

ibuku, ayahku, bidan berbaju putih, keluargaku, semuanya

mereka justru tertawa dan menyenandungkan irama-irama

tidak habis pikir aku kala itu

dan aku menangis semakin keras

namun,

namun apa jadinya bila keinginanku itu berbalik 180 derajat ?

bagaimana jika ketika mati aku ternyata menangis,

karena tidak rela untuk meninggalkan dunia ini?

bagaimana jika ketika mati aku terisak,

karena tidak ikhlas dengan semua harta yang telah kukumpulkan dengan susah-payah?

bagaimana jika mereka yang mengiringiku mati,

mereka malah tertawa bahagia,

karena salah-satu monster menyusahkan telah pergi untuk selama-lamanya ?

aku sungguh tidak tahu

akan menjadi apa saat mati nanti.

***

8 pemikiran pada “Saat Aku Mati

  1. postingane “dalem” sak…

  2. iya.. postingan dengan kata2 sederhana yang kemudian membuat berfikir, lalu berkaca

  3. Renungan yang indah mas sakti
    smoga khusnul khatimah

Tinggalkan Balasan

