Meng-copy Lagu dari CD Musik

PENDAHULUAN

Kemarin dapat CD Slank dari teman, cd ‘I Slank U’ yang isinya ada dua keping: pertama mini album, kedua album bahasa Inggris, bentuknya seperti ini:

Rencananya cuma mau dipinjam, terus dibuka di komputer kantor, copy semua file mp3-nya, kemudian dikembalikan lagi, Namun ternyata nasib berkata lain, si empunya cd ternyata bukan Slankers, hanya ingin ambil kupon voucher eskrim yang sudah jadi satu paket CD-nya. Sambil memasang muka penuh harap, munculnya ucapan ini, ‘Ini CD-nya saya minta ya? Pliss..’

Begitulah, akhirnya CD ini berpindah kepemilikan.

Muncul masalah baru, karena kegaptekan saya, belum pernah beli CD musik, isinya ternyata bukan .mp3, tetapi .cda. Tidak bisa begitu saja copy-paste ke notbuk. Kalau ingin disetel harus masukkan cdnya.

Baiklah pembaca yang budiman, bagi yang sudah terpingkal-pingkal karena sudah tau jawaban dari solusinya, sebaiknya jangan dilanjutkan membaca postingan ini. Bagi pembaca yang nasibnya sama seperti saya, silakan lanjutkan membaca.

ISI

Langsung saja saya terengah-engah lari ke Google. Dia memberi jawaban bahwa file .cda dapat diubah menjadi .mp3 cukup dengan menggunakan Windows Media Player. Masalahnya notbuk saya pakai Ubuntu. OK, tak masalah, tinggal masukkan cd, buka Windows Media Player. Media Playernya versi 10.

Pertama-tama tentukan dulu lokasi folder tujuannya.

Masuk ke Tools kemudian Options

Pilih Rip Music dan pilih folder tujuan, klik OK kalau sudah ok.

Tahap terakhir, kembali ke halaman depan, klik tab Rip, checklist file yang akan di-rip, klik rip music

Silakan tunggu dan cek di folder tujuan.

PENUTUP

Folder dan isi file .mp3 yang sudah terbentuk bukan merupakan judul lagunya, jadi perlu diedit lagi. Folder tujuan menjadi ‘unknown artist/album’ dan isi file menjadi ‘track 1, track 2 dst’
Mumpung ngedit judul sekalian juga mengedit isi lagunya, pakai aplikasi Cool Edit Pro. Aplikasi ini tidak gratis, tapi saya sungguh beruntung, ada teman yang punya crack-nya.

Buat mas Bim-Bim, mohon maaf mas, intro ‘Cinta itu bla… Cinta itu bla…bla… Cinta itu bla…bla…bla..’-nya saya hapus 🙂

***

9 pemikiran pada “Meng-copy Lagu dari CD Musik

  1. Ooo… ternyata slanker sejati 😆
    Aku sendiri belum pernah membeli CD seperti itu dalam 2 tahun terakhir ini mas 😎

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  2. yup grup band ini pengantar masa remaja ane

  3. okesip, bisa diikuti caranya kalo saya dapet cd asli dan pengen dipindah hehe..

  4. emang selama ini dapetnya cd palsu po? hehe

  5. kl edit cda lngsung pke cool edit gmn??

  6. Makasih gan, cara di atas sukses
    Walaupun pakai WMP yg versinya beda 😀

  7. terimakasih ya infonya bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

