Banyak Pikiran Banyak Berpikir

“Rambutmu sudah ubanan, banyak pikiran ya?”

“Iya nih”

“Banyak pikiran apa banyak berpikir?”

“Eng… bedanya apa?”

***

Oke anak-anakku sekalian. Apa bedanya antara ‘banyak pikiran’ dengan ‘banyak berpikir’?

Baiklah, didengar dengan kasat telinga, ‘banyak berpikir’ lebih bergengsi daripada ‘banyak pikiran’ Setuju? Mari kita bongkar satu-persatu.

Secara tata bahasa, dua perbedaan itulah yang nampak. Makna gramatikallah yang membedakan, ‘banyak berpikir’ terdiri atas dua kata: banyak dan berpikir. Berpikir berasal dari ‘pikir’ yang mendapat imbuhan ber-. Salah-satu fungsi awalan ber- adalah membuat suatu kata kerja menjadi kata kerja aktif, seperti halnya ber-usaha, ber-amal dan sejenisnya. Jadi kesimpulannya, orang yang banyak berpikir diartikan, seseorang tersebut menggunakan pikirannya karena memang sedang ingin berpikir.

Kebalikannya dengan ‘banyak pikiran’, sebenarnya ‘Banyak pikiran’ bukanlah kalimat baku. Kalimat bakunya adalah ‘banyak yang dipikirkan’. Seperti tadi, ‘banyak pikiran’ adalah kebalikannya dari ‘banyak berpikir’. Fungsi awalan di- adalah membuat kata kerja menjadi pasif, membuat si subyek menderita kata kerja yang ditempeli awalan di-, misalnya di-pukul, di-dakwa dan sebagainya.

Jadi anak-anak, sangat jelas perbedaannya antara ‘banyak pikiran’ dan ‘banyak berpikir’. Kalau ada orang yang banyak pikiran itu tandanya orang tersebut pasif, membiarkan dirinya dirasuki oleh permasalahan yang akhirnya memaksa otaknya untuk berpikir, sedangkan orang yang banyak berpikir, berusaha memilah permasalahan yang disukai dan yang ingin dipikirkan dan meninggalkan permasalahan yang tidak ingin dipikirkan.

Bisa dikatakan, semua yang ‘banyak pikiran’ pasti ‘banyak berpikir’, tetapi tidak semua yang ‘banyak berpikir’ pasti ‘banyak pikiran’.

Itu.
Salam super.

***

Iklan

8 pemikiran pada “Banyak Pikiran Banyak Berpikir

  1. nah, maka dari itu benarlah kata COGITO ERGO SUM ya :mrgreen:

    setelah dipikir pikir, theme ini sepertinya agak umpek2an.. tulisan kecil2 dan terlalu rapat, jadi kurang begitu nyaman bacanya.. apakah bisa dirubah? *ditoyorsakti*

  2. eh, tu foto ngeri ya… 😦

  3. perasaan aku ga banyak mikir
    tapi kenapa ubanan juga ya. lik..?

  4. jadi solusix apa yy

  5. Orang yg berfikir banyak cenderung aktif dan banyak program,jg banyak hasil yang dicapai.cuma kadang cenderung pelupa karena mungkin banyaknya yang diprogramkan.orang banyak fikiran cenderung pasip dan sedikit hasil katena waktu habis dibuat berfikir sdkt aktifitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s