Sisi Positif Sinus

Banyak hal yang didapat dari blogwalking, salah-satunya cerita teman-teman yang memiliki pengalaman tentang asma . Saya juga teringat kalau saya juga punya yang satu jalur dengan asma, yakni sinus.

Kalau anda mencari di google tentang sinus, kebanyakan situs-situs yang ada, bercerita tentang penderitaan, ketidaknormalan atau kelainan, apa lagi kalau situs itu berisi penawaran obat yang kalau anda tidak membeli obat itu, maka sinus anda akan bertambah gawat. Tapi bagi saya, sinus adalah sebuah anugerah, sandangan, pelengkap dari yang tadinya biasa saja menjadi istimewa.

 

Memang ada hal-hal yang tidak mengenakkan yang dialami penyandang sinus, seperti saya, namun di balik itu ada juga sejumlah sisi positifnya. Sesuai dengan pendapat orang-orang bijak, bila kita berkonsentrasi pada hal-hal negatif saja maka kita tak akan maju-maju.

Berikut adalah 10 fakta-fakta menarik serta keuntungan yang bisa digali melalui sinus.

1. Salah kaprah.
Sinus sebenarnya adalah nama ruang di tengkorak kepala, tepatnya di hidung, pipi dan dahi. Nama ruang itu lengkapnya Sinus Paranasalis. Ruang sinus ini berfungsi untuk membentengi saluran pernafasan dari zat-zat asing yang ingin masuk tapi ditolak oleh tubuh, caranya dengan mengeluarkan cairan lendir supaya zat asing itu terperangkap, menggumpal dan akhirnya bisa dikeluarkan. Pada beberapa tengkorak manusia ada yang tersusun berbeda tulang hidungnya (rhinogenik) atau berbeda tulang giginya (dentogenik atau odontogenik) sehingga menyebabkan produksi lendir menjadi berlebih dan memenuhi ruang sinus tersebut, maka otomatis menutupi pula jalan masuk keluarnya udara. Inilah yang sudah lazim disebut sebagai sinuistik atau sinus.

2. Jenisnya cukup dua macam
Yakni ringan dan berat. Sinus ringan adalah cairan lendir yang baru aktif setelah adanya rangsangan alergi. Bila si penyandang sinus telah peka dan menyadari dan akhirnya menjauhi alergi itu, maka sinusnya kembali aman. Sedangkan sinus berat terjadi bila si penyandang sinus nekat berada di lingkungan yang menyebabkannya alergi sehingga hidungnya terlalu lembab akan lendir, inilah yang membuat bakteri dan virus senang berkembang biak di sana.

3. Paru-paru penyandang sinus cenderung lebih kuat dan lebih bersih daripada paru-paru biasa
Kenapa? Karena udara yang terpilih masuk ke paru-paru adalah udara yang terseleksi dulu oleh lendir. Paru-paru kondisinya menjadi kuat, karena saat menarik nafas, udara yang masuk melalui rongga yang sempit, paru-paru memompa dengan ekstra tenaga.

4. Usaha mengenali diri lebih dalam
Penyandang sinus diharapkan mengenali alergi apa saja yang harus dihindarinya dan mencoba lebih cerdas untuk menyiasatinya.

5. Sinus tak dapat disembuhkan karena bukan merupakan suatu penyakit, tetapi sinus bisa dikendalikan.

6. Saringan karburatornya manusia
Tahu karburator? Ia adalah alat pengatur udara masuk dan bahan bakar yang masuk ke mesin kendaraan bermotor. Ruang sinus dan lendirnya hampir mirip dengan saringan karburator di mesin tubuh manusia yang kompleks ini.

7. Perawatan mudah
Ini saya dapat dari seorang teman, ia kuliah di fakultas hukum tapi waktu senggangnya buat belajar kedokteran (perpaduan yang unik). Katanya, perawatannya cukup ada dua saja, pertama, kalau ada waktu luang, tempelkan handuk yang telah direndam air hangat lalu tempelkan di atas hidung dan pipi. Perawatan kedua, sering-seringlah menekan-nekan pangkal hidung dengan ibu jari dan telunjuk tujuannya supaya lendir bisa mencair.

8. Umumnya bukan perokok
Asap adalah salah-satu hal yang bisa membuat alergi. Tapi meskipun demikian ada pula penyandang sinus yang nekat merokok. Jadinya lendir akan menangkap asap yang masuk lewat hidung. Lendir yang telah penuh nantinya salah jalan keluar yakni melalui tenggorokan dan menjadi dahak. Cara mengeluarkannya dengan dibatukkan.
Sekarang pembicaraan kita beralih ke rokok dan tembakau. Kenapa rokok masih saja dinikmati dan eksis, padahal hewan saja tidak mau makan tembakau? Apa anda pernah lihat kambing yang makan tembakau? Bahkan ulat, wereng atau belalang takkan mau. Yang paling mengganggu petani tembakau paling-paling jamur. Jadinya cukup heran kenapa hewan yang tak berakal saja tidak mau tembakau, tapi kenapa manu… (mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para perokok dan penyedianya). Kembali lagi ke soal sinus, jadi pada umumnya saja penyandang sinus bukanlah perokok.

9. lingkungannya selalu bersih
Supaya terhindar dari alergi, mau tak mau penyandang sinus harus sering bersih-bersih lingkungannya dan lebih bagus lagi kalau merapikannya.

10. Bentuk upaya over protected dari tubuh
Tubuh ini telah bersusah-payah melindungi jiwa yang telah lama menghuninya supaya selalu sehat, meskipun cara melindunginya dengan berlebihan. Ada zat-zat yang sebenarnya sepele dan biasa saja, seperti debu, asap, udara dingin dan bau-bauan tertentu, tapi karena tubuh ini terlalu melindungi, maka hal-hal tersebut tak mampu masuk ke dalam tubuh. Maka tak aneh bila saya menganggap kalau berlebihnya cairan lendir sinus ini adalah anugerah dari Sang Maha Pencipta manusia. Maka masuk akal pula bila saya berterima kasih pada-Nya karena telah diberi tubuh yang berusaha senantiasa sehat ini.

Artikel ini diikutkan untuk memeriahkan Kontes Aku Sangat Sehat.

***

Iklan

10 pemikiran pada “Sisi Positif Sinus

  1. Sinus pun punya sisi positif ya. Info yang bagus. Btw, ngakak lihat gambarnya.

    hehe, makasih

  2. setahu saya sinus itu meler tepi terus terusan yaa…

    tapi melalui artikel ini jadi tau lebih banyak..
    kebetulan mertua dari kakak saya terkena penyakit sinus dan katanya mau operasi..

    kalau mau normal ya harus operasi…

  3. Makasih telah berbagi broo, jadi lebih tahu tentang sinusitis. Kebetulan tetanggaku juga ada yang kena tapi pengobatan nya masih tradisional 😦

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    salam juga

  4. Kebanyakan orang belum bisa membedakan antara sinus dan sinusitis 🙂
    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat. Sudah dicatat dalam daftar peserta 🙂

    iya, makasih 🙂

  5. iya nambah lagi nih info baru. moga berhasil ya kontesnya

    iya, moga saya beruntung

  6. Saya bukan penderita sinus, tapi biarpun demikian hidung saya selalu berasa kayak ada ganjelan, lalu hampir selalu ingusan dan flu…

    Tapi dokter bilang bukan sinus… hmmm barangkali memang hanya flu biasa ya.


    dokter bilangnya apa?

  7. Udah dicek ya artikelnya

    sip dah

  8. Minus nya kalau kita seorang Vocalist hiks…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s