Antara Blog dan kesehatan Jiwa

Senang menulis & memiliki blog?

Ya

Update segala sesuatu tentang perkembangan teknologi?

Ehm… tidak terlalu sering, saya termasuk gaptek. Tapi kalau saya menemukan suatu teknologi yang saya anggap berguna dan memenuhi hajat hidup orang banyak, pasti akan saya posting. Iya.

Senang hunting lomba-lomba berhadiah spektakuler?

Iya, betul sekali.

 

Kembali lagi bertemu dengan kategori topten di blog ini.
Setidaknya 10 hal inilah yang sering saya rasakan ketika mulai mengenal dunia blog, tahun 2002.

10 sebab kenapa saya punya blog :

10. memamerkan kemampuan

sumber gambar: http://www.realitylapse.com/manga/
Ketika sebuah ide muncul, ingin sekali ide tersebut diwujudkan dalam bentuk postingan dan ingin juga segera mengetahui apa saja komentar yang muncul.

9. berbagi
Sesuai kodratnya, manusia butuh berbagi dan menerima. Apa saja bisa dibagi: suka, duka, pengalaman, ilmu, curhat, cerita, hadiah, resep masakan dan lain-lain.

8. mengekspresikan diri
Bagi orang pendiam seperti saya, keberadaan blog sangat penting untuk mengeluarkan ‘sisi’ saya yang berbeda, yang tidak diketahui orang lain. Karena bila sisi ini tidak dikeluarkan, kemungkinan akan terjadi disintegralitas serta ketidak-seimbangan apa saja. Ck…ck…ck…

7. hobbi
Posting dan blogwalking, adalah memadukan kesenangan tentang tulis-menulis, baca-membaca dan komentar-mengomentar. Saat mengunjungi blog dari blogger lain, banyak manfaat yang bisa ditimba dan disalurkan. Blog juga bisa untuk mengekspresikan diri menjadi wartawan terhadap keadaan di sekitar. Sebelum melakukan pemberitaan, alangkah baiknya kalau saya belajar dulu objek keadaan yang saya beritakan itu. Postingan dari para blogger inilah yang mungkin bisa jadi penyeimbang tentang suatu tema yang ada di media cetak atau tv.

6. tempat untuk berteman sebanyak-banyaknya di ruang maya

sumber gambar: http://www.realitylapse.com/manga/
Sebelum kemunculan fs, fb dan tweeter, blog adalah sarana untuk memiliki kapling gratis di dunia maya di samping dulu itu ada chat via mirc. Dari semua sarana itu, blog-lah yang paling dapat mewakili penyaluran kreativitas para blogger.

5.penyimpanan data on-line
Keberadaan blog kadang kala membantu sekali di saat saya sedang mobile dan tidak membawa flashdisk atau juga e-mail yang macet dibuka. Maka dari itu blog juga bisa sebagai alternatif sebagai tempat back-up data.

4. membalas postingan seseorang
Ehm…
Tapi sebab nomor 4 ini bisa saja tidak terlaksana kalau si dia belum juga membuat postingan terbaru. Lebih asyik kalau si dia memposting puisi dan saya balas juga dengan memposting puisi juga.

3. ikut lomba postingan
Nah, ini dia, senang rasanya hati ini kalau postingan saya cukup bisa tercatat masuk sebagai kontestan/peserta karena itu tandanya:

  • Postingan saya bisa dibaca dan masih nyambung dengan otak pembaca lain
  • Saya masih dianggap manusia normal karena ternyata kosakata dan tata bahasa saya  mengikuti kaidah-kaidah resmi
  • Postingan saya bisa disandingkan dengan postingan blogger lain yang hebat-hebat
  • Jerih-payah saat menyiapkan postingan terbayar ketika postingan tercatat sebagai peserta, walau hanya terbayar kredit. Terbayar lunasnya nanti kalau dinyatakan sebagai pemenang (itupun kalau menang :))
  • Saat-saat menegangkan adalah saat menunggu, dan mencermati satu-persatu siapa saja juaranya

2. recycle bin
Ide-ide pikiran itu bagaikan sampah yang memenuhi batok kepala. Kalau ide-ide ini tidak segera dibuang, dipindah-tempatkan atau ditampung sementara menunggu diwujudkan, maka bisa-bisa sampah ini meracuni dan menghambat sistem kinerja tubuh dalam beraktivitas di dunia ini.

1. menertawakan diri sendiri
Blog tak ubahnya seperti lemari arsip. Saat mata ini ber-blogwalking di blog sendiri, mencermati tiap-tiap postingan terdahulu, saya hampir selalu tertawa dalam hati, meski yang saya tulis itu adalah tragedi yang pernah terjadi dalam diri. Ketika membaca tulisan sendiri itulah, pasti ada yang berkata dalam hati, benarkah ini postingan saya? Benarkah saya yang menulis ini? Oh, iya, saya pernah menulis ini, ternyata saya berbakat melawak juga. Dan menurut ahli psikologi, tertawa atau minimal tersenyum, mampu mencerahkan hari dan menyehatkan jiwa.

Tetapi ada sebab-sebab lain diluar 10 hal tadi, yang belum terjadi pada blog saya, dan saya harapkan terjadi, entah kapan.

Sebab-sebab yang belum terjadi itu antara lain:

  • Bagi dosen atau guru, blog bisa jadi sarana penyampaian materi pelajaran yang efektif, sayangnya, saya belum jadi guru dan,
  • Blog sebagai tempat berjualan. Ingin rasanya juga menjual sesuatu lewat blog, tapi belum ada yang bisa dijual.

Ok, pembaca semua, diharapkan dengan kehadiran blog dalam kehidupan kita bisa meningkatkan kesehatan kita semua, baik itu kesehatan jiwa, kesehatan fisik maupun kesehatan finansial juga. Cermati itu dan lihat apa yang terjadi (dengan meniru gaya pak Mario Bros Teguh :))

 

***

PS: Bagi blogger yang blognya sudah lumutan, jarang diup-date, yang tidak berani membuat postingan, mendingan tidak usah ikut BHINNEKA BLOG COMPETITION… 🙂

21 pemikiran pada “Antara Blog dan kesehatan Jiwa

  1. setuju banget deh, emang berguna bgt blog itu buat kembali ke jati diri sendiri. soalnya kita gampang nyalurin hobi di tengah2 kesibukan sehari-hari.


    asal, salurannya yang positif…

  2. aku nomor satu deh..hihihi…

    kita sama dunk…

  3. Awal buat blog, niatnya cuma curhat aja. Tapi lama-lama menyukai pertemanan dengan blogger. Kadang lebih banyak blogwalking daripada bikin postingan. :mrgreen:

    blogwalking apa blogrunning?

  4. sampe 10 ya penyebabnya mantabbbzzz dagh, tapi dengan ngeblog juga bisa mencari $$$, untuk menambah motivasi kita untuk ngeblog brow

    cari dolar? 1 hari 1 postingan? 1 hari 5 postingan? emoh ah

  5. saya juga sama kayak bapak..:)

    bapake sopo???

  6. Yang saya sukai dengan blog adalah :

    1. Bebas dari tuntutan hukum dari semua isi penulisan. (paling2 dapat maki2 an dari pengunjung)
    2. Bebas mencurahkan semua isi hati dan pikiran.
    (jikasedang sebel,tulis yang sebel2,sedang senang tulis yang senang2, dsb)
    3. Bebas dari beaya pengiriman.( kecuali tagihan listrik dan internet)

    dan masih banyak lagi yang saya sukai dari blog

    Tanks

    klaklaklak…

  7. I adore you blog! 😀


    thanks!!!

  8. 9,8,7,6,4,1 :mrgreen:

    saya sudah gandrung ngeblog.. 😀

    hah… blognya gondrong..?

  9. yang pasti ngeblog ngebuat waktu saya menjadi lebih berarti…mengisi kekosongan waktu saat liburan di hutan….

    selamat liburan di hutan aja

  10. Punya blog sama seperti membuat log kehidupan sendiri. Yang paling saya suka ya itu, bisa menertawakan diri sendiri termasuk juga terharu atau sedih saat membaca kisah2 yg telah lewat.

    kita sama duong..

  11. 10 hal yg sama denganku
    ketika lg ada beban, dan gak bisa cerita ke org lain, blog jadi pelipur lara..hehe
    salam kenal mas

    ok, salam kenal juga 🙂

  12. terus semangat yaa? sama keluhan spt sy,,folo balik ya??^^

    ok boss…

  13. ini toh sakti

    kr… iya di sini Sakti kr… di situ siapa kr…. ganti… kr…

  14. saya ngeblog, cuma untuk berbagi saja dan sembari cari recehan 😆

    recehan? emang ngamen?

  15. Alasan nomer : 9,8,7,2,1 -> ini gw bangged 🙂

    memang gak salah anda sudah masuk blog ini, hihi

  16. Oiya, ada satu kutipan favoritku : “writing heals half the pain….”

    Dgn menulis, separuh beban kesedihan terangkat sudah. Sounds lebay, tp ada benarnya jg sih 😀

    itu kutipan dari siapa?

  17. keren ya ternyata.. hihi memang tujuan ngeblog dan maksud blog kita harus dideskripsikan dulu..untuk menjaga konsistensi kita 🙂
    salam kenal mas sakti..
    makasih lo dah berkunjung ke blog saya ^^

    makasih kunjungan baliknya juga 🙂

  18. akhir2 ini saya emg lebih suka nge-blog dari pada situs jaringan sosial seperti fb dan twitter 😀 lebih bisa mengekspresikan diri aja 😀


    sama…

  19. slam knal gan…… mju trus para bloger indonesia


    salam kenal juga

Tinggalkan Balasan

